Barsama Mahasiswa KKL IAIN, SMPN 1 Kubu Gelar Gerakan Sabtu Literasi untuk Tingkatkan Minat Baca dan Percaya Diri Siswa

Editor: Redaksi author photo

Suasana Gerakan Sabtu Literasi di SMPN 1 Kubu. SUARAPONTIANAK.COM/Foto: Mhs KKL
Kubu Raya (Suara Pontianak) – Kolaborasi dengan Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Kelompok 32, SMPN 1 Kubu kembali melaksanakan Gerakan Sabtu Literasi pada Sabtu (10/8/2024) dengan melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan membaca buku yang dimulai pukul 07.00 hingga 07.40 WIB.  

Kegiatan ini dirancang oleh para guru untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan memberikan mereka kesempatan untuk membaca dan menyampaikan ringkasan dari apa yang mereka baca di depan kelas. 

Waka Kesiswaan SMPN 1 Kubu, Syarifah Nurjannah mengatakan, buku yang boleh digunakan dalam kegiatan ini bisa berasal dari berbagai sumber, kecuali novel.  

"Namun, dalam pelaksanaannya, bahan bacaan yang digunakan oleh para siswa masih terbatas pada buku mata pelajaran saja, hal ini menjadi kendala dalam upaya memperkaya wawasan literasi mereka," ujarnya. 

Kegiatan Sabtu Literasi kali ini berjalan sangat baik dengan adanya kolaborasi bersama Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Kelompok 32. Para mahasiswa turut serta mengawasi setiap kelas selama jam literasi, serta memberikan sesi sharing kepada siswa guna menciptakan komunikasi dua arah di kelas.  

Berbagai pendekatan kreatif seperti ice breaking juga diperkenalkan untuk mencairkan suasana, sehingga kegiatan literasi ini menjadi lebih menarik bagi siswa. 

Antusiasme siswa terlihat jelas saat mereka aktif terlibat dalam kegiatan ini. Beberapa siswa menyatakan bahwa Gerakan Sabtu Literasi memberikan mereka waktu khusus untuk membaca buku yang selama ini jarang mereka sentuh. 

“Saya senang sekali ada Sabtu Literasi. Saya jadi punya waktu khusus untuk membaca buku yang saya suka,” ungkap Revandi, salah satu siswa kelas VII B. 

Dengan adanya program Sabtu Literasi ini, diharapkan minat baca siswa akan semakin meningkat, sekaligus memperkuat keterampilan literasi mereka. Pada akhirnya, program ini diharapkan berdampak positif terhadap kemampuan akademis siswa secara keseluruhan. [Mhs KKL/r]

Share:
Komentar

Berita Terkini