Diusung 8 Parpol, Midji-Didi Resmi Daftar ke KPU Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Paslon Sutarmidji dan Didi Haryono saat daftar di KPU Kalbar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur. SUARAPONTIANAK.COM/SK
Pontianak (Suara Pontianak)  – Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Didi Haryono, secara resmi mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat pada Rabu (28/08/2024).  

Kehadiran mereka didampingi oleh petinggi partai pengusung di tingkat daerah, mencerminkan kekuatan koalisi yang mereka bangun untuk menghadapi Pemilihan Gubernur mendatang.

Delapan partai politik yang memberikan dukungan kepada pasangan Sutarmidji dan Didi Haryono adalah Partai Nasdem, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, PSI, dan Perindo. Koalisi besar ini diharapkan menjadi kekuatan signifikan dalam memperkuat posisi mereka dalam kontestasi politik di Kalimantan Barat.

"Kalbar ini luas, satu sepertiga Pulau Jawa sehingga perlu jaringan yang luas, perlu orang pengalaman yang banyak, dan itu ada di partai politik. Sehingga kami mengajak koalisi yang besar, itu harus," ungkap Sutarmidji dalam sesi jumpa pers usai mendaftarkan diri.

Sementara itu, Ketua KPU Kalimantan Barat, MS Budi, menyatakan bahwa pendaftaran pasangan calon dari koalisi delapan partai ini telah diterima dengan lengkap. 

"Kami terima di sini secara lengkap, konteks pendaftaran pasangan calon oleh koalisi delapan partai politik. Tentu saat ini kami hanya menyatakan kelengkapan administrasi dalam konteks berkas pencalonan B1 KWK, demikian juga dengan syarat calon," ujar MS Budi.

Proses verifikasi dan pemeriksaan berkas akan dimulai pada 29 Agustus hingga 4 September. Jika ditemukan berkas yang belum lengkap, KPU akan mengembalikannya kepada partai politik terkait pada tanggal 5 dan 6 September untuk dilengkapi sebelum diserahkan kembali ke KPU.

"Kami kembalikan ke partai politik bilamana ada syarat yang harus dipenuhi untuk kemudian mereka menyampaikan kelengkapan pemeriksaan administrasi kepada kami," tutup MS Budi.

Pasangan Sutarmidji dan Didi Haryono berharap koalisi delapan partai ini dapat menjadi modal politik yang kuat dalam memenangkan hati masyarakat Kalimantan Barat. Dengan latar belakang pengalaman politik yang mumpuni, keduanya optimis dapat membawa perubahan positif bagi provinsi ini. [sk]

Share:
Komentar

Berita Terkini