Hari Sumpah Pemuda 2024, Sanggar Patih Tumbak Anjongan akan Gelar Even Lintas Budaya

Editor: Diko Eno author photo

Kolase foto perhelatan even Lintas Budaya tahun 2017 dan sosialiasi Sanggar Patih Tumbak yang digelar di Desa Anjungan Dalam, Jumat (27/9/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Dok Sanggar Patih Tumbak
Mempawah (Suara Pontianak) - Untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-107 Tahun 2024, Sanggar Patih Tumbak Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat akan menggelar even Lintas Budaya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Sanggar Patih Tumbak Anjongan Andi Wiyata saat melaksanakan Sosialisasi Even Lintas Budaya di Desa Anjongan Dalam, Jumat (27/9/2024).

Sosialisasi ini, lanjut dia, sebagai informasi awal kepada seluruh komponen masyarakat Anjongan agar dapat ikut serta pada Even Lintas Budaya yang akan dilaksanakan pada 26 - 28 Oktober 2024.

"Adapun lokasi kegiatan kita rencanakan akan dipusatkan di Anjungan Dalam," ujar Andi Wijaya yang juga Kepala Desa Anjungan Dalam ini.

Turut hadir dalam sosialisasi, Camat Anjongan Ferry Ramadhani dan jajaran Forkorpimcam, Anggota DPRD Mempawah Dapil Sungai Pinyuh-Anjongan yang diwakili Rusdi Ajong, perwakilan instansi pemerintah, serta Kepala Sekolah SD, SMP, SMU negeri dan swasta.

Selain itu, hadir pula perwakilan Batalyon 643, Batalyon Zipur, para tokoh agama dan lembaga-lembaga budaya se Kecamatan Anjongan, serta perwakilan perusahaan.

Andi Wiyata menuturkan, pelaksanaan Even Lintas Budaya 2024 ini bertujuan untuk memperingati dan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-107 di Kecamatan Anjongan.

Rangkaian kegiatannya terdiri atas gerak jalan, karnaval budaya, pameran seni budaya, lomba olahraga tradisional (gasing) dan pentas seni.

Ketua Sanggar Patih Tumbak Andi Wiyata melanjutkan, even Lintas Budaya sebenarnya telah dilaksanakan sejak 2015 hingga 2018. Namun kemudian terhenti karena tidak ada yang melanjutkannya kembali.

Ia selanjutnya menegaskan bahwa kegiatan ini sama sekali bukan even politik meski saat ini sudah memasuki masa Pilkada 2024.

"Jadi sekali lagi bukan even politik, melainkan wadah kreasi bagi pencinta dan penggiat seni budaya. Dan siapa pun boleh ikut serta. Para pemuda-pemudi Anjongan maupun Kabupaten Mempawah saya ajak untuk turut berpartisipasi," imbuhnya.

Terkait dengan dana kegiatan, Andi Wiyata mengungkapkan bersumber dari dana kas Sanggar Patih Tumbak, donasi solidaritas dan loyalitas pencinta budaya se Kalimantan Barat.

"Akan tetapi apabila pihak lain, termasuk perusahaan yang ingin berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan, kami tentu saja menyambut dengan tangan terbuka," ujarnya.

Ia lantas berharap even Lintas Budaya 2024 di Anjongan nantinya akan berjalan sukses dan lancar.

"Terima kasih atas kehadiran semua pihak pada kegiatan sosialisasi yang kami selenggarakan kali ini," tutup Andi Wiyata.[Dian Sastra]

Share:
Komentar

Berita Terkini